Posted by : Muhammad Rachman Afandi Esa Tuesday 24 July 2012

Raimuna Nasional X Tahun 2012 akan diselenggarakan di Jayapura-Papua pada 15 Juni. Kwarcab Malinau tak ingin ketinggalan mengikuti kegiatan nasional tersebut. Kwartir Cabang (Kwarcab) Malinau akan memboyong 20 anggota Pramuka Penegak, terdiri 10 putra dan 10 putri dari 5 kecamatan. Tahun ini untuk kedua kalinya Kwarcab Malinau turut serta dalam Raimuna.

Raimuna merupakan kegiatan bagi pramuka Penegak dan Pandega yang merupakan gabungan dari kegiatan Peran Saka (Perkemahan Antar-Satuan Karya) dan Perkemahan Wirakarya. Dalam pertemuan besar ini digelar berbagai kegiatan aktif, kreatif, produktif, edukatif, inovatif, dan rekreatif.

“Kita sudah melaksanakan seleksi di tiga kecamatan (Malinau Kota, Utara, dan Barat, Red.), masih ada dua kecamatan yang belum diseleksi (Malinau Selatan dan Mentarang, Red.),” ucap Sergius, kepala Kwarcab Malinau kepada Radar Tarakan (Kaltim Post Group), Selasa (29/5) pagi.

Sergius menjelaskan, seleksi dilaksanakan agar saat berada di Papua nanti tidak mengecewakan. Jumlah anggota pramuka yang diseleksi lebih 100 orang. “Seleksi itu mencakup teknik pramuka, PBB (Persatuan Baris Berbaris), tertulis, praktik, dan fisik. Yang dapat nilai terbaik berhak mewakili Malinau,” bebernya.

Sergius mengungkapkan setelah lolos seleksi, anggota pramuka itu akan mendapatkan training selama seminggu sebelum ke Jayapura. “Kegiatan ini juga untuk menambah pengetahuan dan sebagai tolok ukur pembinaan pramuka di Malinau, dengan melihat perkembangan dari kwarcab-kwarcab nasional,” ungkapnya.
Dalam Raimuna itu juga terdapat permainan tradisional yang berguna untuk mendidik anggota pramuka. Meski tidak ada hadiah yang disiapkan, namun kegiatan ini wajib diikuti oleh kwarcab se-Indonesia. (Sumber Berita : http://www.kaltimpost.co.id)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Sosial Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Instagram

Popular Post

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Sri Sultan Hamengkubuwana IX

Baden Powell

Translate

Waktu Indonesia Timur

- Copyright © My Portal -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -