Posted by : Muhammad Rachman Afandi Esa Sunday 28 July 2013


Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita pasti mengenal sosok Kanjeng Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Beliau adalah seorang Sultan yang pernah memimpin di Kasultanan Yogyakarta pada tahun 1940 – 1988 dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  yang pertama setelah kemerdekaan Indonesia. Selain itu, beliau juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia yang kedua, antara tahun 1973-1978. Beliau juga dikenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia, dan pernah menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
Sri Sultan Hamengkubuwono IX lahir di Yogyakarta, Hindia-Belanda (saat itu belum bernama Indonesia) pada tanggal 12 April 1912, dengan nama Bendoro Raden Mas Dorodjatun. Beliau adalah putra dari Sri Sultan Hamengkubuwono VIII dan Raden Ajeng Kustilah. Pada usia 4 tahun, beliau tinggal berpisah dari keluarganya. Beliau memperoleh pendidikan di HIS di Yogyakarta, MULO di Semarang, dan AMS di Bandung. Pada tahun 1930-an beliau melanjutkan studinya di Rijkuniversiteit (sekarang Universiteit Leiden), Belanda.
Beliau wafat pada tanggal 2 Oktober 1988 di George Washington University Medical Center, Amerika Serikat dan dimakamkan di pemakaman para sultan Mataram di Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta. Berdasarkan Keppres no. 53/TK/1990, pada tanggal 30 Juli 1990 beliau ditetapkan sebagai Panlawan Nasional Republik Indonesia. Ada juga sumber yang memberikatan bahwa Sri Sultan Hamengkubuwono IX diangkat menjadi Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 8 Juni 2003 oleh presiden Megawati Soekarnopoetri.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Sosial Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Instagram

Popular Post

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Sri Sultan Hamengkubuwana IX

Baden Powell

Translate

Waktu Indonesia Timur

- Copyright © My Portal -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -