Posted by : Muhammad Rachman Afandi Esa Thursday 24 January 2019

Sumber : www.aradea59.com

apa itu Blogger ? Mungkin ini bukanlah kata yang asing bagi para penulis tentunya. Menjadi seorang blogger sudah saya tekuni sejak kelas 3 SMP dengan pembelajaran secara otodidak meskipun awalnya belum ke menulisnya tapi masih lebih ke desain layout blog dengan penggunaan kode html. Belajar blog dikarenakan salah satu organisasi yang saya ikuti yaitu pramuka membuat sebuah lomba desain blog/website pramuka pada tahun 2012 lalu makanya pada masa itu belum terlalu fokus ke menulisnya kebanyakan postingan lebih ke repost dari sumber websitenya organisasinya. Dan semua tidak disangka-sangka awalnya saya terlihat agak iri dengan blogger lain yang kebetulan mungkin lebih baik dari punya saya tapi melalui kerja keras seorang blogger dan berdoa kepada Allah Swt, Alhamdulillah saya menjadi pemenang utama Lomba desain blog/website pramuka. Ini adalah awal yang baik dalam menekuni blog sebab baru pertama kali juga merasakan enaknya sebagai blogger dan menang lomba ( btw ini pertama kali ikut kompetisi online yak .. ). 

Sumber : www.typingclub.com

Tidak sampai disitu saja tak lama setelah masuk SMA ada orang dari BKKBN bawa brosur tentang lomba blog karena BKKBN lagi membuat sebuah kompetisi menulis blog tingkat provinsi yang pemenangnya di tingkat provinsi akan diikutkan ke tingkat Nasional, so ini pertama kali belajar nulis artikel sehingga perdana bagi saya tapi syukur Alhamdulillah bisa jadi Juara Favorit tingkat provinsi hanya saja hasil karya kita ternyata tidak dibawakan ke tingkat nasional makanya sungguh mengecewakan mengakibatkan saya berhenti dari dunia Blogger

Selang waktu dari 2013-2018 masih sering ikut lomba blogger mungkin 2 tahun sekali tapi saat lulus SMA tahun 2015 saya memutuskan untuk tidak blogging lagi.

Akhir tahun 2017 saya kerja disalah satu perusahaan roti ternama di Indonesia yang kebetulan membuka cabang di ternate, kerja hanya selang waktu 1 minggu saya harus resign karena ketidaknyamanan bersama pegawai lainnya yang merupakan pendatang meskipun ada alasan lain juga sih. Tak lama setelah berhenti kerja saya mempunyai mimpi bahwa tahun 2018 saya harus nonton Asian Games meskipun cuman pembukaannya saja karena melihat artikel tentang Asian Games yang merupakan Sejarah besar bagi Indonesia. Tekad tadi membuatku bersemangat tapi tak lama harus jatuh terpuruk karena keadaan tidak memungkinkan dengan 1001 masalah datang. 

Selama Ramadhan tahun 2018 niatannya bantu keluarga buat jualan biar dapat uang untuk ke Jakarta tapi ya aku yang begitu boros belum lagi kebutuhan saat menyambut Idul Fitri begitu banyak akhirnya aku memutuskan untuk membatalkan niat ke Jakarta menyaksikan Asian Games.

Sumber : www.tribunnews.com

Semua usaha sudah dikeluarkan tak sanggup lagi untuk mencapainya, tapi Allah Swt tak mau itu saya berhenti berjuang disitulah saya mendapatkan kenikmatan dari Allah Swt yang luar biasa yang selalu ku syukuri hingga saat ini. Ternyata selepas lebaran Idul Fitri ada event menulis dari Bitread Indonesia dengan Kementrian Komunikasi dan Informasi yaitu Writingthon Asian Games dengan kategori Blogger serta Pelajar/Mahasiswa. Saya memutuskan untuk ikut meskipun tau bahwa lawannya akan banyak tapi lagi-lagi Nikmat Allah Swt pun datang akhirnya saya terpilih ke Jakarta untuk menyaksikan pembukaan Asian Games bertemu blogger hebat dari 34 Provinsi serta para pelajar/mahasiswa penulis terbaik. Betapa bersyukurnya saya bahwa tidak sia-sia saya belajar blogger meskipun saya tau bahwa tidak seaktif blogger lain tapi saya juga bagian dari blog, sebagian hidupku ada di blog tidak bisa dipungkiri. 

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Saya begitu bersyukur atas nikmat Allah Swt bisa ke Jakarta dengan biaya transportasi, akomodasi serta tiket VIP Opening Ceremony Asian Games 2018 di tanggung Kementrian Komunikasi dan Informasi. 

Semuanya dari blogger, tidak aktif bukan berarti tidak hobi blogger tapi karena saya sadar setiap kali duduk didepan PC/Laptop 30 menit bahkan 10 menit saja bisa sakit kepalaku serta pusing. Tapi sering kali selingan untuk menulis agar bisa mengutarakan hati ini ke tulisan blog.

Para Blogger hebat dari setiap Provinsi ( Sumber : Dokumentasi Milik Peserta Writingthon )

Bocoran 1 lagi ya dari menulis saya juga diberikan kesempatan untuk bertemu Pak Presiden di Istana Bogor November lalu, ya meskipun bukan menulis di blog tapi saya belajar menulis dari blog. 

Saya bangga jadi Blogger Indonesia,,,,
Dari Daerah Untuk Indonesia, itulah moto hidup saya yang merupakan anggota Komunitas Blogger Maluku Utara.

Foto Bersama Pak Presiden di Istana Merdeka setelah Deklarasi Indonesia Millennial Movement

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Wah seru yah fan acara writingthon itu, ah sayangnya aku gak lolos hehe, semangattt yah ngeblognya :)

    ReplyDelete

Welcome to My Blog

Sosial Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Instagram

Popular Post

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Sri Sultan Hamengkubuwana IX

Baden Powell

Translate

Waktu Indonesia Timur

- Copyright © My Portal -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -