Posted by : Muhammad Rachman Afandi Esa Monday 16 July 2018



56 Tahun lamanya setelah Indonesia menjadi tuan Asian Games yang 4 pada tahun 1962 dan akhirnya Indonesia terpilih kembali menjadi tuan rumah Asian Games yang ke 18 di Jakarta - Palembang tahun 2018 setelah Hanoi, Vietnam mengundurkan diri dari tuan rumah Asian Games yang ke 18 pada tahun 2018. Awalnya Hanoi, Vietnam berhasil mengalahkan Surabaya, Indonesia dalam pemilihan tuan rumah setelah Dubai, UEA mengundurkan diri dari voting. Hanoi, Vietnam dikabarkan mengudurkan diri karena belum siap untuk menjadi tuan rumah Asian Games yang ke 18 Tahun 2018 dengan itu akhirnya OCA bersepakat menunjuk Jakarta sebagai Tuan Rumah dan Palembang sebagai tuan rumah pendukung setelah OCA melakukan kunjungan beberapa kota di Indonesia.

Terlepas dari hal tuan rumah tentunya Indonesia telah melakukan upaya pembangunan infrastruktur yang ekstra dari tahun 2014 setelah terpilih sebagai tuan rumah Asian Games 2018 ini, semua instansi pemerintah, swasta, sponsor, pemerintah daerah bahkan sampai ke masyarakat agar mempromosikan Asian Games 2018 agar mengaung sampai ke pelosok negeri Indonesia sesuai arah Presiden Jokowi. Selain Kementrian Pemuda dan Olahraga ternyata upaya yang dilakukan Kementrian Pariwisata untuk mendukung kegiatan Olahraga terbesar kedua ini setelah Olimpiade.

Meskipun sudah diintruksikan oleh Presiden Jokowi tetapi gaungan Asian Games 2018 tidak begitu terdengan sampai ke Provinsi Maluku Utara khususnya Kota Ternate, padahal Asian Games 2018 adalah acara terbesar sepanjang sejarah dan diikuti seluruh anggota Dewan Olimpiade Asia. Pemerintah daerah Maluku Utara maupun Kabupaten Kota kurang memperhatikan betapa pentingnya Asian Games 2018 kali ini padahal ini adalah moment besar untuk mempromosikan Budaya, Pariwisata, Kuliner, dan destinasi lainnya yang wajib dikunjungi di Indonesia kepada Wisatawan Asing yang akan menyaksikan event perhelatan olahraga terbesar di Asia. Upaya yang dilakukan pemerintah Kota Ternate untuk mendukung Asian Games 2018 telah dilakukan bahkan hingga Kesultanan Ternate begitu mendukung Asian Games 2018, terlepas dari ini Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara merupakan tuan rumah acara Hari Olahraga Nasional ke 35 yang akan dilaksanakan pada 9 September 2018 mendatang setelah usainya Asian Games 2018.

Peta Provinsi Maluku Utara ( Sumber : www.semuatentangprovinsi.blogspot.com )
Asian Games 2018 terdengar seperti baru bagi masyarakat Kota Ternate padahal Asian Games adalah salah satu ajang terbesar dikarenakan kurangnya upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah ataupun Pemerintah pusat untuk melakukan kegiatan pendukung menyambut Asian Games 2018 nantinya. Beberapa atlet Kota Ternate ataupun Provinsi Maluku Utara sudah beranjak Event Internasional seperti Ilham Udin Armaiyn, Zulham Zamrun, Risky Pora, Abduh Lestaluhu dan beberapa pesepak bola asal Kota Ternate yang pernah begabung dengan Timnas Indonesia. adapun beberapa atlet berprestasi di ajang Nasional seperti Tinju, Pencak Silat, Atletik, Karate, Basket dan Olahraga lainnya.


Lokasi Landmark Kota Ternate ( Sumber : www.facebook.com )

Hanya 1 pesan kami dari Pemerintah Kota Ternate, Atlet Daerah, Kesultanan Ternate dan masyarakat Kota Ternate kepada seluruh elemen masyarakat, Pemerintah Pusat, dan Atlet yang bertanding bahwa kami selalu mendukung demi suksesnya event Asian Games 2018. Kami Mendukung tidak hanya berupa materi ataupun bentuk promosi yang dilakukan tetapi kami sebenarnya selalu berupaya untuk mendukung suksesnya event Asian Games 2018 dan mendukung Timnas Indonesia agar menjadi Juara Umum Asian Games 2018 karena yang dapat kami lakukan hanyalah berdoa yang terbaik untuk Negara Indonesia Tercinta. Kami berharap untuk jangan biarkan semangat membara untuk prestasi gemilang kita tidak pudar hanya karena tidak dilihat pemerintah.

Atlet Maluku Utara asal Kota Ternate yang meraih Prestasi di Kejurnas Atletik 2018 yang berlangsung 7-12 Mei lalu di Stadion Madya Gelora Bung Karno Senayan Jakarta ( Sumber : www.tribunolahraga.com )

Pesanku sebagai penulis untuk atlet Indonesia yang akan bertanding di Asian Games 2018 bahwa jangan ragu untuk kita berbuat kebaikan dengan terus berusaha meraih prestasi terbaik dan janganlah merasa puas akan hasil yang di terima karena dibalik yang baik masih ada yang sangat baik dan dibalik yang sangat baik masih ada yang Terbaik. Jangan pudarkan semangat hanya karena kurangnya perhatian dari siapapun justru itu kita buktikan bahwa kita bisa untuk buktikan bahwa kita adalah yang terbaik. Entah pesanku akan bisa baca atau tidak akan tetapi dihatiku mengharapkan yang terbaik untuk kalian demi Bangsa Indonesia, Tanah Kelahiranku ini. Karena Aku juga adalah seorang Atlet yang tidak pernah membuat prestasi yang terbaik sehingga semangatku sebagai atlet pun pudar akan tetapi jangan pernah menyerah apapun yang dilakukan oleh kalian aku akan selalu mendukungnya dan mendoakannya yang terbaik.

Illustrasi Menulis Pesan ( Sumber : www.tribunnews.com )
Demi suksesnya Asian Games 2018 kami Kota Kecil di Timur Indonesia Kota Ternate, Maluku Utara siap untuk #DukungBersama Asian Games yang ke 18 Jakarta - Palembang pada 18 Agustus - 2 September 2018.

Muhammad Zohri Seorang Atlet Lari 100m yang menjadi Juara Dunia ( Sumber : www.tribunnews.com )
 
Kami Indonesia
Indonesia Juara
Indonesia Bisa
Indonesia Gemilang

Go....Go....Indonesia
Go....Go....Indonesia
Go....Go....Indonesia

Jayalah Negeriku
Yang Kucinta

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Sosial Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Instagram

Popular Post

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Sri Sultan Hamengkubuwana IX

Baden Powell

Translate

Waktu Indonesia Timur

- Copyright © My Portal -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -