Posted by : Muhammad Rachman Afandi Esa Thursday 19 July 2018


Asian Games adalah ajang olahraga multicabor terbesar yang diselenggarakan 4 tahun sekali meliputi seluruh Negara di benua Asia, Asian Games merupakan ajang olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade Dunia. Pada tahun 1962 Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke IV yang diselenggarakan di Jakarta, ada 17 Negara yang berpartisipasi dengan 15 cabang olahraga diikuti 1.460 atlet. Pada Asian Games ke IV Indonesia harus puas berada pada posisi kedua dengan perolehan medali 21 Emas, 26 Perak, 30 Perunggu dengan total medali 77 sedangkan posisi pertama diduduki oleh Jepang dengan perolehan medali 73 emas, 65 Perak, 23 Perunggu dengan total 161 medali. India harus berada diposisi ketiga setelah itu diikuti oleh Filipina dan Korea yang menempati posisi keempat dan kelima.
Perolehan Medali Asian Games IV di Jakarta, Indonesia Pada Tahun 1962 ( Sumber : www.wikipedia.org )

Indonesia memperoleh prestasi yang luar biasa di Ajang Asian Games IV yang dilaksanakan di Jakarta, Indonesia pada tahun 1962 silam, pada Asian Games XVII yang diselenggarakan di Incheon, Korea Selatan Indonesia menduduki posisi yang cukup jauh yaitu posisi 17 dengan perolehan Medali 4 Emas, 5 Perak, 11 Perunggu dengan total medali 20 sedangkan posisi pertama juara umum diduduki juara bertahan Republik Rakyat Tiongkok dengan perolehan medali 151 Emas, 108 Perak dan 83 Perunggu dengan total medali 342 medali. Republik Rakyat Tiongkok sudah 9 kali berturut-turut menjadi Juara Umum Asian Games sejak Asian Games ke 9 di New Delhi, India pada tahun 1982. Korea Selatan dan Jepang harus puas menempati Posisi kedua dan ketiga di Ajang Asian Games XVII di Incheon, Korea Selatan.

Perolehan Medali Asian Games XVII di Incheon, Korea Selatan Pada Tahun 2014 ( Sumber : www.wikipedia.org )

Negeri Tirai Bambu ternyata merupakan Negara yang memperoleh medali terbanyak selama pelaksanaan Asian Games I yang diselenggarakan di New Delhi, India tahun 1951 sampai dengan Asian Games XVII yang diselenggarakan di Incheon, Korea Selatan pada 2014 lalu dengan perolehan medali 2.899 ( 1.342 Emas, 901 Perak, 656 Perunggu ) sedangkan Posisi kedua diduduki oleh Jepang dengan perolehan medali 2.852 ( 955 Emas, 985 Perak, 912 Perunggu ) dan Korea Selatan harus puas berada pada posisi ketiga dengan perolehan medali 2.059 ( 696 Emas, 605 Perak, 758 Perunggu ). Lalu pada posisi berapakah Indonesia dalam memperoleh Medali Asian Games ? Ternyata Indonesia berada pada urutan yang ke 12 dengan perolehan medali 357 ( 60 Emas, 95 Perak, 202 Perunggu ), sebenarnya Indonesia merupakan Negara terbaik yang berhasil memperoleh medali terbanyak di ajang Asian Games sehingga berada pada posisi 12 karena hanya 2 Negara Asia Tenggara saja yang unggul atas Indonesia yaitu Thailand pada posisi ketujuh dan Filipina di urutan kesepuluh.

Daftar Perolehan Medali Terbanyak Asian Games ( Sumber : Line Today )

Tentunya di Asian Games XVIII atau Asian Games ke 18 yang diselenggarakan di Jakarta-Palembang pada 18 Agustus – 2 September 2018 nanti Indonesia diharapkan memperoleh prestasi yang gemilang dan menjadikan Indonesia sebagai Juara Umum pada Asian Games 2018 ini. Masyarakat begitu berharap banyak akan adanya peningkatan prestasi untuk para atlet yang akan membela panji Merah Putih. Meskipun Indonesia mungkin masih sulit untuk menggoyahkan kedigdayaan Tiongkok dalam ajang Asian Games ini namun langkah Indonesia dalam meniti prestasi dan mencatat sejarah nantinya pada Asian Games 2018.

Dukungan akan terus dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia salah satunya Provinsi Maluku Utara yang merupakan Provinsi yang berada di timur setelah Papua dan Papua Barat. Maluku Utara yang dijuluki sebagai Negeri Para Raja memberikan dukungan yang luar biasa meskipun bukan bentuk fisik atau material tetapi dari hati karena kita yakin bahwa Indonesia tentunya akan bisa menjadi Juara dalam Asian Games 2018 ini kutipan Atlet Legenda Bulutangkis Indonesia Susi Susanti “ Disiplin dan Konsentrasi adalah kunci sukses “ untuk itu bukan hanya Maluku Utara saja berharap hal yang sama tetapi berharap juga untuk seluruh Masyarakat Indonesia dari Sabang Sampai Marauke untuk mendukung penuh Indonesia dalam Asian Games 2018 ini.

Logo dan Maskot Asian Games Ke 18 di Jakarta-Palembang Tahun 2018 ( Sumber : www.tribunnews.com )

30 hari lagi menuju Asian Games 2018 Ayo kita tunjukkan yang terbaik bahwa Indonesia Bisa, Indonesia Juara, Indonesia Emas. Mari kita satukan semangat Nasionalisme dan Patriotisme untuk membela Tanah Air Ini, sang Panji Merah Putih, dan untuk para Pahlawan yang membela Negara Kita Tercinta Ini yaitu Indonesia. Ayo kita bersatu meskipun kita berbeda karena perbedaan kita justru membuat kita menjadi Kuat dan Utuh.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Sosial Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Instagram

Popular Post

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Sri Sultan Hamengkubuwana IX

Baden Powell

Translate

Waktu Indonesia Timur

- Copyright © My Portal -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -