Posted by : Muhammad Rachman Afandi Esa Friday 21 September 2012

23764_kwacab Indramayu.jpg


Bupati Hj. Anna dalam acara HUT Pramuka ke-51 | Foto Humas
INFOPANTURA.COM – INDRAMAYU – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Indramayu harus memiliki unit usaha sendiri untuk kemajuan organisasinya.
Gerakan Pramuka harus mampu mandiri, tidak mungkin selamanya bergantung pada bantuan pemerintah. Hal ini ditegaskan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah saat menjadi inspektur upacara pada puncak peringatan HUT Pramuka ke-51 tahun 2012 di Alun-alun Indramayu, Rabu (12/9).
“Unit usaha sangat dibutuhkan untuk menciptakan organisasi yang otonom, mandiri, dan independen bagi gerakan Pramuka. Apalagi, saat ini ada tuntutan bahwa Pramuka harus memiliki sumber dana sendiri tidak bergantung dengan bantuan dari pemerintah. Oleh karena itu Kwartir Cabang Pramuka Indramayu harus mulai memikirkan dan punya inisiatif untuk membentuk unit usaha sendiri,” tegasnya.
Menurut Bupati, sebagai langkah awal, Kwartir Cabang Pramuka Indramayu perlu mendata semuat aset yang dimilikinya, untuk kemudian dilakukan pengembangan dan pengelolaan sebagai sebuah badan usaha. “Ini dimaksudkan agar gerakan Pramuka tidak bergantung kepada bantuan pemerintah semata, meskipun bantuan tersebut sebenarnya telah dijamin oleh Undang-Undang,” tandasnya.
Dikatakan, dalam pelaksanaannya, Pramuka dapat melakukan kerja sama dengan pihak ketiga, sepanjang menguntungkan dan bermanfaat bagi gerakan pramuka itu sendiri.
Dijelaskan, revitalisasi gerakan Pramuka yang berjalan selama enam tahun telah menunjukkan perkembangan dan hasil yang menggembirakan.
“Revitalisasi yang tujuan pokoknya untuk mengaktifkan kembali gugus depan sebagai ujung tombak gerakan Pramuka, memantapkan eksistensi gerakan Pramuka, serta meningkatkan fungsi gerakan Pramuka, telah menggeliat kembali,” ujarnya.
Kendati demikian, kata Bupati, aktivitas yang sudah mulai terlihat ini jangan ditinggalkan begitu saja tanpa ada pembinaan lebih lanjut.
“Saya mengajak kakak-kakak anggota gerakan Pramuka agar lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk kemajuan gerakan Pramuka dan percepatan pembentukan karakter kaum muda Indramayu. Mari kita dorong kemandirian dan tingkatkan kualitas gerakan pramuka di Indramayu,” pinta orang nomor satu Indramayu itu.
Pada upacara tersebut diberikan penghargaan berupa Lencana Pancawarsa IV kepada beberapa tokoh di Indramayu yang sangat peduli terhadap perkembangan Pramuka diantaranya Drs. H. Supendi, M.Si, Drs. Yayan Mulyantoro, MM. DR. Ir. Tohidin, MP. dan Drs. Supriyono. Pada kesempatan itu dilakukan perjanjian kerjasama antara Kwartir Cabang Indramayu dengan Perum Perhutani KPH Indramayu tentang Bumi Perkemahan Pramuka. Selesai upacara, acara dilanjutkan dengan defile kontingan Pramuka dari masing-masing Kwaran dan Gugus Depan yang ada di Indramayu. (deni/ded)
(Sumber berita: www.humasindramayu.com)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Sosial Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Instagram

Popular Post

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Sri Sultan Hamengkubuwana IX

Baden Powell

Blog Archive

Translate

Waktu Indonesia Timur

- Copyright © My Portal -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -