Posted by : Muhammad Rachman Afandi Esa Sunday 30 September 2012

929307_kwarcab jamran.jpg


Balapulang – Sedikitnya 2300 Pramuka Penggalang dari perutusan Gugus Depan SD / MI dan SMP / MTs se Kwartir Ranting 11.28.14 Balapulang mengikuti kegiatan Jambore Ranting tahun 2012. Kegiatan yang dipusatkan dilapangan Desa Balapulang Kulon tersebut berlangsung selama 3 (tiga) hari yakni sejak Selasa (18/9) hingga Kamis (20/9) berlangsung meriah.
Kepala UPTD Dikpora Balapulang, Radjasa, BA selaku Wakil Ketua Mabiran mengatakan Jambore Pramuka yang merupakan pertemuan besar Penggalang dalam bentuk kegiatan rekreatif dialam terbuka hendaknya dapat diambil hikmah dan manfaatnya.
 “Kepada seluruh Pramuka Penggalang, selama Jambore ini dapat mengambil hikmahnya untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan bagi Pramuka Penggalang,” Katanya saat membuka secara resmi Jambore
 Berbagai kegiatan digelar usai upacara pembukaan, salah satunya yakni Parade Karnaval yang mengambil tema “Bhineka Tunggal Ika”, diikuti oleh seluruh siswa SD/MI dan SMP/MTs baik yang mengikuti perkemahan maupun tidak. Karnaval juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi oleh peserta seperti penampilan Grup Drumband dari masing-masing sekolah maupun seni khas daerah Kabupaten Tegal Kuntulan.
 “Masyarakat sangat antusias untuk menyaksikan kegiatan karnaval, sebagai obat kerinduan karena sudah lama tidak ada kegiatan serupa, yakni dikarenakan bertepatan dengan bulan ramadhan maupun Iedul Fitri,” ungkap Seksi Kegiatan Jamran, Sri Hartati, S.Pd
Dijelaskan Sri Hartati, selain kegiatan karnaval, berbagai kegiatan perlombaan juga turut menyemarakan rangkaian kegiatan Jambore Ranting Balapulang seperti lomba pidato Penggalang SD/MI, lomba Senam Pramuka, lintas alam, pentas seni dan pertendaan.
“Lomba pidato khusus untuk penggalang SD/MI, sedangkan Senam Pramuka untuk Penggalang SMP/MTs,” paparnya yang juga Pembina Gudep SMP 1 Balapulang
Dalam rangkaian kegiatan Jambore juga digelar Upacara Peringatan HUT Pramuka ke – 51 yang digelar pada hari kedua Jamran, Yakni Rabu (19/9) dengan Pembina Upacara Camat Balapulang, Suharinto, S.Sos M.Si selaku Ketua Mabiran Balapulang
Dalam kesempatan itu, Suharinto menuturkan banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan Kepramukaan salah satunya yaitu dalam pembentukan watak dan karakter generasi muda.
“Pramuka sangat bermanfaat dalam membentuk generasi masa depan,” ungkapnya.
Dirinya berharap, kegiatan Kepramukaan di wilayah Balapulang dapat lebih maju dan meningkat serta dapat menelorkan prestasi dikancah yang lebih tinggi.
“Saya berharap pramuka semakin maju, baik dalam kegiatan maupun prestasi. Sehingga generasi Pramuka dapat menjadi penerus masa depan bangsa yang lebih baik,” tandasnya.
Sementara Ketua Kwarran 11.28.14 Balapulang Suharjo, S.Pd saat menutup secara resmi kegiatan menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi Gudep dalam mensukseskan kegiatan Jambore sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses.
“Semoga jamran di tahun yang akan datang akan lebih baik dan tambah meningkat. Ucapan selamat bagi Gudep yang telah meraih prestasi, semoga menjadi penyemangat agar lebih baik lagi ditingkat yang lebih atas, dan bagi yang belum jangan putus harapan karena kemenangan bukan hal utama tapi kesan dan pelajaran yang dapat diperoleh di jamran ini adalah tujuan utamanya,” ujarnya.
Ketua Panitia Jamran, Kusdidi, S.Pd menjelaskan Jambore diikuti 78 pangkalan Gugusdepan (Gudep), terdiri dari 63 pangkalan SD/MI dan 15 pangkalan SMP/MTs se Kwarran 11.28.14 Balapulang.
“Masing – masing  Gudep mengirimkan 1 regu putra dan 1 regu putri, dengan total peserta seluruhnya kurang lebih 2.300 orang,” terangnya.
Dari kegiatan Jamran tersebut, diperoleh hasil tergiat untuk Pangkalan Tergiat Tingkat SD/MI yakni Tergiat I SD Balapulang Kulon 02, Tergiat II SD Balapulang Kulon 01 dan tergiat III SD Balapulang Wetan 06. Sedangkan untuk tingkat SMP/MTs regu tergiat diraih oleh Gudep SMP Negeri 1 Balapulang sebagai tergiat I, Gudep SMP 01 Ikhsaniyah Balapulang tergiat II dan tergiat III diraih oleh Gudep SMP Ki Gede Sebayu  Danawarih. (Hasan)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Sosial Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Instagram

Popular Post

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Sri Sultan Hamengkubuwana IX

Baden Powell

Blog Archive

Translate

Waktu Indonesia Timur

- Copyright © My Portal -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -