Posted by : Muhammad Rachman Afandi Esa Sunday 30 September 2012

866829_Kwarcab Rohil.jpg


Wabup Rohil Suyatno membuka secara resmi perkemahan pramuka bagi Panegak dan Pendega di kawasan Batu Enam, Bagansiapiapi.
Bagansiapiapi-Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hilir (Rohil) H. Suyatno, Kamis (27/9/12), membuka secara resmi perkemahan pramuka bagi Penegak dan Pendega di Kawasan Batu Enam Bagansiapiapi.
Perkemahan ini diikuti sebanyak 314 anggota Pramuka dari sejumlah kecamatan di Rohil. Dalam sambutannya, Suyatno mengatakan, kegiatan perkemahan pramuka menjadi pondasi generasi muda dalam estapet pembangunan, karena insan pramuka memiliki tekad tidak kenal lelah, berusaha terus, pantang menyerah.
“Kita sangat khawatir dengan perkembangan generasi muda saat ini, terutama banyaknya tawuran pelajar. Ini menandakan semangat dan rasa kebangsaan mulai luntur, rendahnya solidaritas sosial, menipisnya semangat bela negara serta semakin berkurangnya pemahaman terhadap sejarah nilai-nilai budaya bangsa,” tuturnya.
Suyatno tidak menginginkan tawuran itu terjadi terhadap generasi muda, dan salah satu penangkisnya dengan pembangunan karakter guna menjamin kelangsungan pembangunan bangsa dan negara.
"Berbagai masalah yang berhubungan dengan semakin menurunnya akhlak dan budi pekerti kaum muda. Diantaranya seperti menipisnya sifat kejujuran, kurangnya sikap santun terhadap orang yang lebih tua, kurangnya menghargai pendapat orang lain, penyelesaian masalah dengan cara kekerasan, ingin menang sendiri serta tidak menerima kekalahan,” katanya.
Selain itu, imbuh Suyatno, kaum muda sebagai bagian dari komponen bangsa sangat rentan terhadap berbagai perubahan yang terjadi pada tata nilai dan budaya bangsa.
Maka dengan kegiatan Pramuka ini, katanya, akan menjadikan generasi muda kader pemimpin pada pengembangan kualitas diri, belajar memimpin dan dipimpin, beradaptasi dengan lingkungan.
"Saya yakin dan percaya bahwa peranan gerakan pramuka sangat strategis dan penting. Pendidikan nilai-nilai yang diselengarakan oleh gerakan pramuka akan menjamin terbentuknya watak, kepribadian dan akhlak mulia kaum muda. Bersamaan dengan itu, berbagai kegiatan kepramukaan telah semakin banyak dilaksanakan,” ucapnya.
Untuk tercapainya visi dan misi gerakan pramuka, diharapkan mempersiapkan kaum muda sebagai calon pimpinan bangsa yang memiliki watak, kepribadian, dan akhlak mulia pada masa depan, berbagai keberhasilan ini harus dapat dipertahankan dan semakin ditingkatkan. (nop)
(sumber berita: http://www.riauterkini.com)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Sosial Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Instagram

Popular Post

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Sri Sultan Hamengkubuwana IX

Baden Powell

Blog Archive

Translate

Waktu Indonesia Timur

- Copyright © My Portal -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -