Posted by : Muhammad Rachman Afandi Esa Sunday 30 September 2012

345337_Kwarcab Tarakan.jpg


TARAKAN – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tarakan resmi mengirimkan satu kontingen Pramuka Penegak dan Pandega untuk mengikuti kegiatan Pramuka Raimuna Nasional X/2012 yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pokela Waena, Jayapura Papua, pada tanggal 8 hingga 15 Oktober nanti.
Secara resmi, kontingen Kota Tarakan yang terdiri dari 15 orang penegak dan beberapa orang pembina damping ini dilepas oleh Walikota Tarakan, H Udin Hianggio di ruang kerjanya, Rabu (26/9) pagi. “Insya Allah, kontingen adik-adik pramuka ini akan berangkat hari ini (kemarin, Red.) juga dengan menggunakan kapal laut, transit di Makassar dan melanjutkan perjalanan laut hingga ke Papua,” kata H Badrun, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tarakan.
Rencananya, rombongan ini akan kembali ke Kota Tarakan pada tanggal 24 Oktober nanti menggunakan kapal laut. “Berarti perjalanan mereka genap satu bulan,” ujar H Badrun yang juga Sekretaris Kota Tarakan.
Sementara itu, Walikota Tarakan, H Udin Hianggio berharap dengan keikutsertaan kota Tarakan di Raimuna 2012 ini dapat membawa hal yang positif dalam pengembangan kegiatan kepramukaan di Tarakan. “Jaga nama baik Kota Tarakan, khususnya Kalimantan Timur dan ukirlah prestasi yang membanggakan untuk kota Tarakan,” pesan walikota.
Satu hal yang walikota ingatkan kepada peserta Raimuna ini agar tidak melupakan ibadah dalam setiap kegiatan di perkemahan nanti. “Jangan lupa salat dan beribadah sesuai agama masing-masing, karena itu yang terpenting dalam pembinaan akhlak dan moral. Moral dulu yang penting baru fisik,” tegasnya.
Raimuna merupakan pertemuan Pramuka Penegak (setingkat pelajar Sekolah Menengah Atas) dan Pandega (mahasiswa) dalam bentuk perkemahan. Pesertanya merupakan perwakilan dari Kwartir Cabang (Kabupaten dan Kota) seluruh Indonesia. Tujuan utamanya adalah mengembangkan dan persatuan di kalangan Pramuka Penegak dan Pandega melalui kegiatan kreatif,  rekreatif, produktif, dan edukatif.
Raimuna Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2012 merupakan Raimuna Nasional yang kesepuluh yang dilaksanakan Gerakan Pramuka. Rainas kali ini mengambil tema “Pramuka Indonesia Bersama Masyarakat Membangun Tanah Papua”, dengan semboyan “Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami” serta motto “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”.
Selain akan diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pandega perwakilan dari seluruh Indonesia, Raimuna Nasional X juga diikuti oleh peserta utusan gudep perwakilan RI di luar negeri dan utusan organisasi kepanduan dunia dari negara tetangga. (ddq/ndy)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Sosial Media

Facebook  Twitter  Google+ Instagram Instagram

Popular Post

Powered by Blogger.

Total Pageviews

Sri Sultan Hamengkubuwana IX

Baden Powell

Blog Archive

Translate

Waktu Indonesia Timur

- Copyright © My Portal -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -